Mi Pakai Bahan Pengawet, Mudah Ditebak Kok


detail berita

begITU banyak olahan mi dijajakan restoran, warung makan pinggir jalan, hingga dalam bentuk instan. Secara kasat mata, tidak sulit menebak mi yang mengandung bahan pengawet.

Ternyata, mi yang memakai bahan pengawet mudah sekali ditebak. "Lihat saja dalam beberapa menit, kalau mi tidak dikerubungi semut atau lalat, maka mi tersebut memakai bahan pengawet, meskipun ditaruh di kulkas sebelum dimasak," kata Meishinta Stevanie, pemilik Mie Ayam Keju Pamulang, kepadaOkezone saat ditemui di kawasan Pamulang, Tangerang, baru-baru ini.

Menurutnya, cara lain untuk bisa mengetahui pemakaian bahan pengawet pada mi adalah mi dimasukkan ke dalam air mendidih. Mi tanpa pengawet, baik dalam keadaan mentah maupun matang, akan cepat tenggelam lalu mengambang.

"Mi yang baik atau tanpa pengawet akan mudah tenggelam bila dimasukkan ke dalam air mendidih. Namun kalau sudah matang, mi akan cepat mengambang," tambahnya.

Selain itu, mi yang memakai bahan pengawet mudah menyatu di dalam air mendidih. Sementara, mi tanpa bahan pengawet akan cepat saling terpisah.

Dia menambahkan, mi tanpa bahan pengawet tidak bisa bertahan dalam lama ketika sudah dimasak, selama 6 hingga 8 jam saja. Sementara ketika disimpan dalam kulkas, daya tahannya hanya dua hingga tiga jam.

"Kalau sudah berubah warna kuning kecokelatan, mi tersebut akan berair. Tekstur mi akan menciut, pertanda mi memakai bahan pengawet," tutupnya.
(ftr)

0 Response to "Mi Pakai Bahan Pengawet, Mudah Ditebak Kok"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2